Selasa, 12 Juli 2011

UJI PUBLIK RPLP DAN RTPLP KELURAHAN KRATON KIDUL

Oleh: Ika Yennyantika Setyarini, SE (Fasilitator Ekonomi PNPM MP Kota Pekalongan)

Tahapan Siklus Perencanaan Partisipatif dalam Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) memang terjadwal selama 6 bulan. Tetapi pada prakteknya di Kelurahan Kraton Kidul (atau mungkin di lokasi-lokasi lain) tidak semulus yang direncanakan. Sehingga ketika akhirnya Dokumen RPLP dan RTPL (dianggap) telah selesai, maka selayaknyalah masyarakat dengan diprakarsai oleh Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) sedikit bergembira merayakan hal tersebut. Perayaan itupun tidak berarti kemudian dilakukan hal-hal yang bersifat hura-hura atau pesta, melainkan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh restu masyarakat luas akan kesepakatan perencanaan yang telah disusun.


Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Mei 2011 ini turut diundang Bapak Walikota, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Konsultan serta khalayak masyarakat Kraton Kidul. Walau akhirnya karena ada acara yang bersamaan pada hari tersebut maka Bapak Walikota dan Kepala SKPD berhalangan hadir tidak mengurangi semangat TIPP Kraton Kidul untuk menuntaskan acara hari itu.


Pada pukul 06.00 WIB acara dimulai dengan jalan sehat. Start dilakukan di depan kelurahan dan finish di lapangan stadion. Kemudian dilakukan senam sehat yang dipimpin oleh seorang instruktur senam. Setelah itu warga bersama tamu undangan makan bersama yang diiringi dengan live music. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 250 orang dan mereka nampak sangat antusias sekali untuk mengetahui tentang program PLPBK yang telah diselesaikan maupun selanjutnya.


Kemudian sekitar pukul 08.00 WIB acara dilanjutkan kembali yang diawali dengan sambutan-sambutan dan disambung dengan acara paparan mengenai hasil perencanaan dalam program PLPBK di Kraton Kidul. Hal tersebut untuk menginformasikan kembali kepada masyarakat luas tentang segala kegiatan yang telah dilakukan di tahap perencanaan ini serta hasil dari perencanaan tersebut, yaitu dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP), Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman (RTPLP), serta Aturan Bersama yang telah disepakati warga.
Pada kesempatan tersebut warga juga mendapat kesempatan menuliskan komitmen/dukungan mereka terhadap Kelurahan Kraton Kidul agar ke depan lebih baik, sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Selain itu juga dipamerkan proses tahapan perencanaan warga dari awal sampai terbuatnya hasil produk perencanaan, Konsep perencanaan makro (lingkup kelurahan) dan mikro (kawasan prioritas), foto-foto kegiatan, indikasi program pembangunan di kelurahan Kraton kidul, dokumen RPLP dan RTPLP serta maket kawasan prioritas. Selain itu juga diadakan lomba kebersihan yang diikuti oleh semua RT di Kelurahan Kraton Kidul. Tim penilai dari unsur Kelurahan, LPM, BKM, dan PKK. Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran warga terhadap lingkungan sekitarnya. Kegiatan lomba kebersihan ini dimenangkan oleh RT 03 RW I yang mendapatkan piala bergilir dan piala tetap.


Acara ini juga dimeriahkan oleh stand makanan Jadoel (Jajanan Kraton Kidoel), stand Bank Syariah Mandiri (BSM) dan stand Sarimi. Kemudian organ tunggal serta pengundian dengan hadiah doorprize yang menarik juga menambah semarak acara yang berlokasi di rencana kawasan prioritas yaitu kawasan Stadion Kota Batik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar